Kategori
Edukasi

Unika Atma Jaya Gandeng Swiss Dorong Keberlanjutan Pendidikan Vokasi

Selamat datang Redinvadesblue di Situs Kami!

Jakarta – Semakin baik pendidikan dan pelatihan vokasi (VET) suatu negara, maka akan semakin baik pula tingkat perekonomian masyarakatnya, karena pendidikan vokasi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam hal pengembangan keterampilan generasi muda. Unika Atma Jaya Gandeng Swiss Dorong Keberlanjutan Pendidikan Vokasi

Sayangnya, masih banyak pertanyaan mengenai pendidikan vokasi di tanah air yang membuat pendidikan ini tidak masuk dalam pilihan lulusan SMA dan SMA dibandingkan dengan pendidikan universitas.

Hal ini mendorong Dekan Departemen Psikologi Universitas Katolik Indonesia (Unika), Dr. Atma Yaju. Fil. Juliana Murniati, M.Si bersama tiga rekannya yang sedang menempuh studi PhD di luar negeri menyelenggarakan konferensi dan konferensi internasional bertajuk Promoting Innovation and Sustainability in Vocational Education and Training (VET) – A Swiss-Indonesian Perspective. Usulkan Hilirisasi Sampah di COP-28 Dubai, Pemuda ini Tawarkan Ide Cemerlang

Acara konferensi ini dihadiri oleh banyak peserta dari berbagai perusahaan di Indonesia, seperti pemilik usaha/perusahaan, perwakilan sekolah teknik dan akademisi pakar di bidang pendidikan vokasi.

Hadir pula Rektor Unika Atma Jaya, Prof. dr. dr. Juda Turan, Sp.S(K) dan Duta Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder, kedua orang penting ini menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap acara yang merupakan kerjasama internasional dua negara yaitu Indonesia dan Swiss ini.

“Menjadi tuan rumah proyek ini menunjukkan kembali perluasan kerja sama dan hubungan antara Swiss dan Indonesia, dan hal ini untuk mewujudkan visi penguatan sistem pendidikan vokasi di Indonesia,” kata Prof. dr. dr. Yuda Turana sebagai Rektor Unika Atma Jaya.

Prof. Yuda berharap melalui kerja sama internasional dapat menjadi janji bagi kedua negara, khususnya Indonesia, untuk mewujudkan kesetaraan masyarakat, kualitas dan pentingnya pendidikan profesional di kalangan penduduk di seluruh dunia, serta menjadikan literasi lebih nyata. dan lebih sebagai faktor penting dalam pendidikan. sebuah sistem yang berperan penting dalam peningkatan keterampilan masyarakat untuk meningkatkan lapangan kerja.

Selain itu, menurut Olivier Zehnder, Duta Besar Swiss untuk Indonesia, juga menyampaikan bahwa pihak-pihak seperti sekolah, perusahaan swasta, dan dukungan pemerintah sangat penting untuk bekerja sama memperbaiki sistem VET.

“Kolaborasi ini membantu pendidikan vokasi Swiss memenuhi kebutuhan dunia profesional dan mempersiapkan masyarakat untuk bekerja. Kini kami dengan senang hati membaginya dengan Indonesia. untuk menyatukan upaya menciptakan sistem VET yang efisien dan hemat biaya untuk semua sektor,” katanya.

Penelitian dan konferensi ini merupakan kerjasama antara Unika Atma Jaya, Insight Web Academy (IWDemy) sebagai peserta industri dan University of Applied Sciences Eastern Switzerland (OST) dan seluruh proyeknya didukung oleh pemerintah Swiss.

Hubungan Departemen Psikologi Unika Atma Jaya dengan OST yang Prof. dr. Stefan Kammhuber telah aktif selama 25 tahun dan telah mengerjakan banyak proyek ilmiah. Dalam proyek ini ia bekerja sama dengan Ben Hüter dari Pusat Pendidikan Kejuruan IDM di Thun dan anggota Konferensi Direktur VET Swiss. Unika Atma Jaya Gandeng Swiss Dorong Keberlanjutan Pendidikan Vokasi

Berangkat dari pemikiran siswa SMK dengan tag “kurang baik, keluarga miskin, tidak termotivasi sekolah”, Dr. Fil. Juliana Murniati, M.Si. ingin mengajak orang untuk berubah pikiran. Hal ini penting mengingat besarnya kebutuhan penduduk Indonesia akan pekerja terampil dan bersedia.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. Sinar Mas Land Dirikan Taman Bacaan di 44 Sekolah di Tangerang Untuk tingkatkan literasi, Sinar Mas Land luncurkan program dukungan sekolah dengan mendirikan Taman Bacaan di 44 sekolah di Tangerang Redinvadesblue 9 Februari 2024